sinergi pemerintah desa dengan puskesmas kedaung barat
Kamis, 29 September 2021 13:28:27
sinergi pemerintah desa dengan puskesmas kedaung barat

SINERGI PEMERINTAH DESA TANAH MERAH DAN PUSKESMAS KEDAUNG BARAT

POLSEK SEPATAN TIMUR DAN KORAMIL SEPATAN TIMUR

Tanah Merah,29 September 2021

Hari Rabu

Upaya Pemberian Vaksin Dilakukan Diwilayah Dusun 2 Lokasi Persis Di rumah Kertua Rukun Warga,( RW ) Desa Tanah Merah RT 004/002 Tepatnya Dirumah ( Bapak Winin )

Vaksin  di lakukan Oleh Tim Puskesmas Terdiri dari,

1.Siti Parida

2.Sri Wulandari

3.Hajah Ice

4.Aie

Support

Tim Kader Posyandu Tanah Merah Dusun 2

Target Vaksin  30 Orang-Hari =Dusun

Sudah Dilakukan Terhitung Mulai Senin,27 September 2021 hingga Rabu,30 September 2021

TIM KEDUA 

Dari Plosek Dan Koramil di lakukan Di Rumah Rukun Warga Bapak ( Didi ) Lokasi Rt 003/003 Kampung Rawa Indah Terhitung hari Rabu,29 September 2021,Tindak Lanjut Dari Kegiatan Vaksin Serentak di Kantor Desa Tanah Merah,yang Sudah mulai Sepi Peminat.

Inovasi

Dengan Jemput Bola,Dalam Upaya Pemerataan Vaksinasi diwilayah Desa Tanah Merah

Untuk Pencapaian Target yang telah ditentukan Oleh pemerintah Pusat untuk setiap desa

Oleh Semua Stekeholder Pemerintah dalam pencapaian Kegiatan.

 

Manfaat Vaksin COVID-19

Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

Vaksin COVID-19 yang sudah tiba di Indonesia berisi virus Corona (SARS-CoV-2) yang sudah dimatikan. Dengan mendapatkan vaksin COVID-19, Anda bisa memiliki kekebalan terhadap virus Corona tanpa harus terinfeksi terlebih dahulu.

Manfaat yang bisa diperoleh jika Anda mendapat vaksin COVID-19, di antaranya:

  1. Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vaksin COVID-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko Anda untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

Kalaupun seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

  1. Mendorong terbentuknya herd immunity

Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil. Bila diberikan secara massal, vaksin COVID-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita penyakit autoimun, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakatpenelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

  1. Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

By.Team PPID Desa Tanah Merah

 

689
Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2024

Data belum diinput

APBDes 2023

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2023

Data belum diinput